Meneropong Tren Teknologi Kamera di Masa Depan



Laju teknologi yang kian kencang menuntut para pemain teknologi untuk terus mendandani produknya, tak terkecuali bagi para produsen kamera.

Berbagai fitur dan inovasi anyar disematkan di piranti keluaran mereka. Hingga pada akhirnya, konsumen lah yang akan dimanjakan.

Jika dulu, kamera dengan OS hanya sekedar angan belaka, kini Nikon dan Samsung sudah berani mewujudkannya. Begitu pula dengan kamera sekelas compact yang dibekali sensor full frame milik Sony, adalah beberapa dari sekian jawaban terhadap tantangan di era digital.

Dan di luar hitungan megapiksel ataupun kehandalan kamera di situasi low-light, ada banyak prediksi mengenai tren kamera ke depannya, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. WiFi

Konektivitas wireless sudah menyambangi sejumlah kamera. Ada kemungkinan, ke depannya makin banyak lagi kamera yang dibekali built in WiFi.

Keuntungannya antara lain memungkinkan kontrol kamera dari smartphone hingga mempermudah transfer foto ke ponsel ataupun komputer tanpa harus direpotkan dengan kabel.
Canon EOS 6D
Canon EOS 6D


Adapun sejumlah kamera yang sudah memiliki konektivitas tersebut antara lain Sony NEX-5R, Panasonic GH3 dan Canon 6D.


2. 4G LTE

Meskipun koneksi data 4G LTE baru ada di Samsung Galaxy Camera yang telah dibekali sistem operasi Android, namun DigitalCameraInfo meyakini bahwa dalam dua hingga 5 tahun ke depan, koneksi tersebut akan membanjiri pasar kamera konsumer.

3. GPS

Seperti Wi-Fi, kehadiran GPS juga sudah banyak melekat di kamera, entah secara built in atau via adapter. Diprediksi, fitur ini dalam beberapa tahun ke depan akan menjadi sebuah fitur standar.

4. Perekaman Video yang Jauh Lebih Baik

Kini banyak kamera yang memiliki kemampuan merekam video dengan resolusi tinggi. DigitalCameraInfo bahkan berani memprediksi, nantinya, tak hanya kamera video saja yang menawarkan kemampuan perekaman video 4K, namun kamera yang menangkap gambar still juga bisa melakukannya.


5. Full Frame

Berbicara mengenai sensor kamera, TechHive mempercayai bahwa konsumen akan melihat sensor full frame bakal hadir di kamera dengan berbagai bentuk, ukuran dan harga.

Ya, sensor besar yang biasanya ada di kamera DSLR dengan harga super 'mewah', buktinya sudah ada di kamera kelas compact dengan kehadiran Sony DSC RX1 beberapa waktu lalu. Meski memang, harganya membuat tercengang, yakni di kisaran Rp 30 juta.

Produsen kamera raksasa Canon dan Nikon pun bersaing melahirkan kamera DSLR full frame dengan banderol harga yang lebih terjangkau dibanding kamera FF lainnya. Bahkan waktu peluncuran seri EOS 6D dan D600 ini tak berselang jauh.